Cari Kode Pos Indonesia dengan mudah


Tentang Kode Pos

Kode Pos atau dalam bahasa Inggris disebut postal code atau ZIP code, merupakan serangkaian karakter yang ditambahkan pada alamat surat dan paket. Tujuannya untuk mempermudah proses pengiriman surat.

Kode Pos diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat sebagai kode wilayah untuk sebagian besar kota di Amerika Serikat pada tahun 1943.

Namun sebetulnya, di Jerman telah digunakan sebuah sistem kode pos dua tahun sebelum dikenal kode wilayah di Amerika. Meski demikian, kode pos yang lebih sistematis dan terorganisir pertama kali diperkenalkan oleh Robert Moon pada tahun 1963 di Amerika saat ia menjadi inspektur pos.



Penggunaan Kode Pos di Indonesia

Di Indonesia sendiri, kode pos baru digunakan di era 80-an oleh PT Pos Indonesia, yang dahulu masih berstatus perusahaan umum (perum). Jumlah angka digit yang dipakai sama dengan yang dipakai di sistem pos internasional, yaitu lima digit.

Menurut penggunaannya, sebenarnya ada 4 jenis kodepos, yaitu :

Kodepos unik (kodepos yang hanya digunakan untuk alamat yang menerima volume surat yang tinggi, seperti kantor-kantor dan lembaga-lembaga pemerintah serta pusat-pusat bisnis)

Kodepos khusus PO BOX (Post Office Boxes) (kodepos yang hanya digunakan untuk pengiriman via kotak pos)

Kodepos militer (kodepos khusus untuk kalangan militer)

Kodepos standar (kodepos yang digunakan untuk umum)